TMMD Sebagai Media Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Batang, Cerita menarik dibalik pekerjaan keras membangun jalan tembus melalui program TMMD reguler ke-103 Tahun 2018 adalah hubungan timbal balik yang tercipta dari anggota TNI yang bertugas dengan warga.

Hampir sebulan nantinya TNI dan warga bahu membahu membagun jalan serta mewujudkanya agar bisa dimanfaatkan dan selama itu pula keduanya akan saling berinteraksi baik di pekerjaan maupun di luar ketiga sedang tidak bekerja.

Dari hasil pantauan diketahui, selama proses berlangsungnya TMMD, babinsa atau Satgas yang bertugas di lokasi, masing-masing menginap di rumah warga.

"Kami makan, tidur dan mengurus diri di rumah warga sampai TMMD selesai," ujar Serda Sunarto, Babinsa desa setempat, Rabu (10/10/18).

Selama menjalani kehidupan sosial bersama warga, kata dia, akhirnya timbul kedekatan dan mereka senang memiliki saudara baru dari TNI.

Kami pun sebagai prajurit yang ditugaskan hidup bersama rakyat, di tengah-tengah rakyat dan membaur bersama rakayat, sambungnya, akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjaring lebih banyak persaudaraan.

"Kita sama-sama nyedulur jadi beban mereka menjadi beban kita juga dan kegembiraan mereka juga menjadi kegembiraan kita juga," cetusnya.

Terpisah, Dandim 0736/Batang, Letkol Kav Hanry Napitupulu, menegaskan, hubungan TNI dengan rakyat tidak bisa dipisahkan begitu saja, baik kondisi perang maupun damai.

"Asal muasal kita dari rakyat, jadi antara TNI dengan rakyat tidak bisa dipisahkan sampai hari ini. Kalau dulu rakyat yang melayani kita karena TNI lahir dari rakyat maka hari ini kita yang melayani rakyat, TNI yang mengayomi rakyat," tegasnya.

Related Search

    author