GemaJateng Liputan TMMD Reg 101 0702/Purbalingga,Militer Nenek Baniah 75 Tahun, Angkat Cangkul Bantu TMMD REGULER 101 Tahun 2018, Kodim 0702/ Purbalingga

Nenek Baniah 75 Tahun, Angkat Cangkul Bantu TMMD REGULER 101 Tahun 2018, Kodim 0702/ Purbalingga

www.gemajateng.com. PURBALINGGA – “Sangat menyentuh”, Dilokasi TMMD Purbalingga khususnya di pekerjaan pengerasan jalan dan pendukungnya, banyak dijumpai warga yang sudah lanjut usia tetapi masih semangat bekerja membantu pembangunan di desanya.

TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702/Purbalingga, memilih Desa Karangjambu sebagai sasarannya. Saat ini pekerjaan pengerasan jalan masih melanjutkan pembuatan parit Makadam sepanjang jalan tersebut, 1.975 meter.

Kali ini Sertu Yono Setyadi, menemukan nenek 75 tahun yang masih sehat dan memiliki tekad yang kuat untuk ikut membantu para lelaki di desanya dalam bekerja bersama Satgas TMMD.

Baniah (75) warga Rt. 06 Rw. 05 Desa/Kecamatan Karangjambu, yang rela angkat cangkul demi awetnya Makadam tersebut. Mbah Baniah biasa dipanggil, ikut berjalan bersama iring-iringan warga lainnya untuk menuju lokasi penggalian parit yang telah disampaikan oleh Dan SSK TMMD, Kapten Cba. Agus Sukendar.

Usia dan jenis kelamin, juga tidak menjadi penghalang bagi dirinya untuk menyumbangkan tenaga dan sisa umurnya demi membangun desanya untuk anak dan cucunya.

Mbah Baniah sengaja membawa cangkul yang tidak lazim bagi perempuan, niatnya hanya untuk membantu sekaligus beribadah.

Diusianya sekarang ini, pasti otot-otot yang kendur dan kurang tenaga akan dia kerahkan sekuat tenaga. Namun demikian karena kebiasaan Mbah Wir yang makan makanan alami, membuatnya tampak begitu sehat. Hal ini tidak kita sangkal karena Desa Karangjambu terletak di pegunungan, yang tentunya dalam hal makanan dan sayuran warga tidak banyak membeli dengan memaksimalkan hasil pertaniaannya.

Umur 75 tahun, tidak menghalangi niat Mbah Baniah untuk ikut bekerja bhakti dengan para tetangganya dan Satgas TMMD dengan usia yang jauh dibawahnya.

Diakatakan Baniah “Nyong pan melu kerja Pak, sisa umure nyong pan nyong gawe ge ibadah, dalan niki nggeh pan gawe anak putune nyong tembe” (Saya akan ikut kerja Pak, sisa umur saya akan saya gunakan buat ibadah, jalan ini kan nanti buat anak cucu saya nanti – Red) ucap Mbah Baniah yang kental dengan ngapaknya kepada Sertu Yono Setyadi.

“Nggih Mbah, ngatos-atos nggih Mbah” (Ya Mbah, hati-hati ya Mbah – Red) ungkap Yono.

Sungguh luar biasa pengabdian dari salah satu warganya, TMMD Reguler 101 di Desa Karangjambu sudah menyentuh di hampir setiap lapisan masyarakatnya. ( red )