GemaJateng Kodam IV/Diponegoro,Kodim 0734/Yogyakarta,Militer Binsiap Apwil Dan Puanter Prajurit Kodim 0734/Yogyakarta

Binsiap Apwil Dan Puanter Prajurit Kodim 0734/Yogyakarta



GemaJateng.Com – Dalam rangka meningkatkan kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di Darat, Kodim 0734/Yogyakarta melaksanakan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter TA. 2018 di Makodim 0734/Yogyakarta Jln Am. Samgaji Mo 55 Yogyakarta. Senin (22/10).

Untuk materi Binsiap Apwil dan Puanter yang diberikan dalam kegiatan ini diantaranya Sikap Tertorial, Lima Kemampuan teritorial, Metode Binter, Pengetahuan terorisme, Pengetahuan Bencana Alam, pemberi materi Kasdim dan Danramil. Macam yang di gunakan yaitu sosialisasi, penataran, pembekalan, belajar dan berlatih serta Metodenya yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Kasdim 0734/Yogyakarta Mayor Inf M. Munasik selaku pemateri menyampaikan beberapa arahan tentang pentingnya sosialisasi ini kepada anggota teritorial agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan atau melaksanakan tugas dilapangan.

Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas serta mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lainnya.

Sedangkan Danramil 12/Gondomanan Mayor Inf. E. Endrianto menjelaskan sasaran penyelenggaraan Binsiap Apwil dan Puanter ini yaitu agar lebih optimal, efektif dan efesien, dalam penyelenggaraan dan acuan pelaksanaannya serta dapat meningkatkan kemampuan Prajurit dalam melaksanakan, menjabarkan, mensosialisasikan Binter di wilayah, sehingga terwujud Prajurit yang memiliki mental, disiplin, semangat yang tangguh dan profesional serta dapat berintegrasi dengan komponen masyarakat dalam melaksanakan tugas di satuan komando kewilayahan di jajaran Kodim 0734/Yogyakarta.

Kegiatan yang diikuti seluruh Danramil, Babinsa dan Staf Jajaran Dim 0734/Yogyakarta kurang lebih 150 personil tersebut bertujuan sebagai pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan pembinaan teritorial atau Binter.